Link Building : Panduan untuk Pemula

Grafica blog | Link building atau membangun link untuk blog merupakan acara dalam memaksimalkan SEO blog. Sebagai adegan dari SEO offpage , link building menjadi salah satu indikator yang digunakan oleh algoritma search engine dalam menentukan peringkat di hasil pencarian. Demikian pentingnya link building , banyak blogger pemula yang melakukannya dengan berlebihan , padahal hal ini justru dapat menciderai blog itu sendiri.

panduan link building yang benar untuk pemula


Definisi Link Building

Link building adalah proses menerima hyperlink dari situs-situs lain untuk situs/ blog milik sobat. Sebuah hyperlink (biasanya hanya disebut link) yakni cara bagi pengguna untuk menavigasi antar halaman di internet. Mesin pencari menggunakan link untuk menjelajah web , mereka akan merayapi link antar halaman di situs web sahabat dan mereka akan merayapi korelasi antara seluruh situs web.

Ada banyak teknik link building , begitu juga dengan kesulitan yang dialami , bervariasi. Masyarakat SEO cenderung oke bahwa link building yakni salah satu adegan yang paling sulit dari pekerjaan mereka , banyak waktu dihabiskan untuk mencoba melakukannya dengan baik. Jika sahabat dapat menguasai seni link building berkualitas tinggi , maka sahabat dapat berada satu langkah didepan pesaing-pesaing sobat.
Mengapa Link Building Penting untuk SEO?

Anatomi dari hyperlink

Dalam memahami pentingnya link building , penting juga untuk mengerti perihal dasar bagaimana sebuah link diciptakan , bagaimana mesin pencari melihat link dan apa yang mereka dapat interpretasikan.

anatomi hyperlink dalam link building

1. Awal link tag
Disebut sebagai anchor tag (maka “a”) , ini membuka link tag dan memberitahu mesin pencari bahwa link menghubungkan ke sesuatu yang lain yang bermaksud untuk mengikuti.

2. Lokasi link rujukan
“href” abreviasi dari “hyperlink referral” dan teks dalam tanda kutip menunjukkan URL yang dituju. Ini tidak selalu harus menuju halaman web , mampu jadi alamat dari gambar atau file untuk men-download.

3. Anchor text link yang tampak
Ini merupakan teks yang terlihat oleh pengguna , mereka hanya perlu untuk mengklik jikalau mereka ingin membuka link. Teks biasanya diformat dalam beberapa cara untuk membuatnya menonjol dari teks yang mengelilinginya , biasanya menggunakan warna biru atau garisbawah , ini memperlihatkan tanda kepada pengguna bahwa itu yakni link yang dapat diklik.

4. Penutup link tag
Merupakan tanda tamat dari link tag ke mesin pencari.

Apa Arti Links untuk Mesin Pencari?

Ada dua cara mendasar mesin pencari menggunakan link :

1.    Untuk menemukan halaman web baru
2.    Untuk membantu menentukan posisi peringkat sebuah halaman dalam hasil mereka

Setelah mesin pencari selesai merayapi halaman web , mereka dapat mengekstrak isi dari halaman dan menambahkannya ke indeks mereka. Dengan cara ini , mereka dapat memutuskan apakah mereka merasa halaman web tadi cukup berkualitas untuk menerima peringkat baik untuk kata kunci yang relevan. Ketika mereka memutuskan ini , mesin pencari tidak hanya melihat isi halaman , mereka juga melihat jumlah link yang menunjuk ke halaman dari situs eksternal sekaligus kualitas situs-situs eksternal tersebut. Secara umum , semakin tinggi kualitas website yang merujuk ke blog sahabat , semakin besar kemungkinan sahabat untuk berada di peringkat mengagumkan dalam hasil pencarian.

Link sebagai faktor peringkat yakni cara yang digunakan Google untuk mendominasi pasar mesin pencari pada tamat 1990-an. Salah satu pendiri Google , Larry Page , pencipta PageRank , yang digunakan Google untuk mengukur kualitas halaman yang didasarkan pada jumlah link yang menunjuk ke halaman tersebut. Metrik ini kemudian digunakan sebagai adegan dari algoritma peringkat keseluruhan dan menjadi sinyal berpengaruh sebab itu yakni cara yang sangat baik untuk menentukan kualitas sebuah halaman.

Itu sangat efektif sebab didasarkan pada wangsit bahwa link mampu dilihat sebagai mosi kepercayaan perihal sebuah halaman , sementara sebuah halaman tidak akan menerima link jikalau tidak berkualitas. Teorinya yakni bahwa saat seseorang memberi link ke website lain , mereka secara efektif mengatakan bahwa itu sumber yang baik. Jika tidak , maka mereka tidak akan memberi link kesana.

Namun , masyarakat SEO menemukan cara untuk memanipulasi PageRank dan hasil pencarian untuk kata kunci yang dipilih. Google mulai aktif mencoba menemukan cara untuk menemukan situs yang memanipulasi hasil pencarian dan mulai menggelar update regular yang secara khusus ditujukan untuk menyaring situs-situs yang tidak pantas menerima peringkat.

Ini juga yang menimbulkan Google mulai memperlihatkan diskon ke sejumlah teknik link building yang sebelumnya dianggap baik ibarat , mengirim situs sahabat ke direktori web dan menerima link dari sana. Ini yakni teknik yang Google benar-benar rekomendasikan pada satu titik , tetapi menjadi disalahgunakan dan digunakan secara berlebihan oleh masyarakat SEO sehingga Google menghentikan link semacam ini.

Baru-baru ini , Google telah secara aktif menghukum situs yang berusaha secara berlebihan atau over meningkatkan secara optimal dalam link building. Update Penguin secara regular yakni salah satu contohnya. Kita tidak tahu algoritma secara penuh bagaimana Google menggunakan cara untuk menentukan hasil pencarian , mampu dibilang “bumbu rahasia”. Terlepas dari itu , kalangan masyarakat SEO menyatakan bahwa link masih memainkan tugas besar dalam algoritma.

Apa yang perlu Sobat ketahui perihal nofollow

Ada atribut yang kadang kala dapat diterapkan untuk link , yang disebut “nofollow” atribut. Jika digunakan , sahabat tidak akan melihat perbedaan apapun jikalau sahabat berposisi sebagai pengguna. Tapi , jikalau sahabat melihat arahan link-nya , maka akan terlihat sedikit perbedaan :

nofollow dan dofollow link building

Perhatikan penambahan rel=”nofollow”. Ini memberitahu Google untuk tidak mempercayai link ini dan tidak memperlihatkan status lulus PageRank. Oleh sebab itu , tidak akan membantu target URL untuk menerima peringkat lebih baik.

Cara ini mampu digunakan untuk link review yang membayar dan juga pada banner iklan yang akan sahabat tempatkan pada halaman blog sobat.

Jenis-jenis Link

Natural Link

Ini jauh lebih efisien daripada harus menghubungi seseorang dan meminta mereka untuk membuat link ke blog sobat. Namun , sahabat perlu memperlihatkan alasan yang baik semoga orang mau melaksanakan link ke blog sahabat dengan cuma-cuma.

Sebagai pola , konten yang sahabat buat dapat bermanfaat untuk banyak blogger dan belum pernah ada konten yang dipublish ibarat itu. Biasanya konten yang berbasis studi kasus dari permasalahan yang banyak menjadi pertanyaan blogger dan belum terjawab. Studi kasus lebih menarik sebab berdasarkan praktek eksklusif yang dilakukan oleh sahabat sebagai pemilik konten dan terbukti hasilnya. Konten semacam ini tentu akan membuat blogger lain ingin melaksanakan teknik yang sahabat gunakan semoga mencapai kesuksesan yang minimal sama dengan apa yang telah sahabat capai.

Manual "outreach" Link Building

Ini mungkin salah satu jenis link yang paling umum dari link building yang sahabat lakukan sebagai masyarakat SEO. Yaitu dengan menghubungi orang-orang yang relevan dan meminta mereka untuk meletakkan link yang menuju ke blog sobat.

Ciptakan sendiri , link yang tidak editorial

Jenis link yang paling umum dan disukai hingga hari ini , ibarat black-hat SEO yang bertujuan untuk menipu mesin pencari dalam pedoman sebuah konten yang relevan dan penting. Dengan diperkenalkannya Penguin pada tahun 2012 (selanjutnya Penguin yang terus diupdate) , Google telah mulai mendevaluasi dan bahkan menghukum jenis link ini.

Dahulu link jenis ini sangat efektif untuk SEO , tapi sekarang anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Beberapa pola yang mungkin mampu terkena amukan Penguin :

    Komentar blog yang tidak dimoderasi
    Press releases dengan meningkatkan secara optimal anchor text
    Article directories
    Guest post signatures
    Advertorials
    Embeddable widgets
    Infographic embeds
    User profile pages
    Guestbooks
    Forum signatures
    Direktori yang tidak dimoderasi

Secara umum , sebaiknya sahabat menghindari link yang tidak editorial semacam ini. Sebaliknya , sahabat harus fokus pada strategi yang akan memperlihatkan link editorial yang menambah nilai ke situs/ blog sobat.